STRATEGI NILAI AGAMA DAN MORAL AUD

Islam telah mengajarkan nilai-nilai positif yang berguna dalam kehidupan masyarakat. Namun kondisi saat ini sangat memprihatinkan, dimana tanda-tanda kehancuran suatu bangsa yang diracik oleh para tokoh pendidikan sudah terlihat pada bangsa Indonesia. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran yang berkaitan dengan moral dan nilai-nilai agama. Kajian ini membahas tentang akhlak, budi pekerti, dan bagaimana strategi pengembangan nilai-nilai Agama dan akhlak yang sesuai dengan ajaran Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ajaran Islam telah menjelaskan bagaimana proses pembinaan nilai-nilai agama dan nilai-nilai moral pada anak usia dini dapat diterapkan secara benar dan tepat.

  1. Strategi Nilai Agama AUD
    Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam mengembanngkan nilai agama dan moral pada anak usia dini diantaranya yaitu;
    A. Menanamkan Rasa Cinta Kepada Allah SWT
    Diantara cara membimbing anak menuju akidah yang benar adalah dengan mendidik mereka untuk mencintai Allah. Pendidikan ini harus diberikan sejak dini. Pada saat tersebut, mulailah mereka diperkenalkan kepada makhluk-makhluk Allah (manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan) yang terdekat disekitar mereka.
    B. Menciptakan Rasa Aman
    Perasaan aman dan ketenangan adalah kebutuhan yang mendasar yang selalu didambakan anak. Saat dia sakit dan menangis dia mengharapkan ibunya bangun dan berjaga sepanjang malam untuk berada disampinynya, memberikan kehangatan jika diinginkan.
    C. Mencium dan Membelai Anak
    Mencium anak merupakan hal yang yang mampu memenuhi kebutuhan akan rasa kasih sayang.
    D. Menanamkan Cinta Tanah Air
    Strategi dalam pengembangan moral dan nilai agama untuk anak usia dini salah satunya adalah menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini.
    B. Strategi Nilai Moral AUD
    Selain strategi agama,ada juga strategi nilai moral yang harus diterapkan dalam mendidik anak usia dini yaitu sebagai berikut;
    A. Meneliti dan Mengamati
    Anak memiliki kecenderungan alami untuk meneliti sehingga dia mendapatkan pengetahuan, kemudian dia kembangkan berdasarkan pengalaman dirinya. Tidak adanya pengalaman dalam beberapa hal dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan, karena adanya dorongan untuk selalu mencoba.
    B. Menyentuh dan Mengaktifkan Potensi Berfikir Anak
    Strategi pengembangan moral dan nilai agama untuk anak usia dini dapat dilakukan dengan menyentuh dan mengaktifkan potensi berfikir anak melalui cerita atau dongeng.
    C. Memberikan Penghargaan
    Anak haruslah merasa bahwa dirinya merupakan kebanggan orang tua, keluarga, guru, dan orang lain.
    D. Pendidikan Jasmani
    Pendidikan jasmani merupakan kebutuhan seorang anak. Kegiatan jasmani ini bisa dalam bentuk olahraga maupaun kegiatan permainan yang merangsang pertumbuhan fisik motorik anak. Pertumbuhan anak menjadi optimal dengan kegiatan olahraga atau permainan.
    E. Teladan yang Baik
    Strategi dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral adalah dengan memberikan keteladannan yang baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *