Pacu Semangat Kewirausahaan, Prodi PIAUD dan PGMI selenggarakan Workshop Strategi Sukses Bisnis Online Melalui E- Market

Di bulan Februari 2024, Temanggung menyelenggarakan sebuah workshop daring yang bertajuk “Strategi Sukses Bisnis Online Melalui E-Market” oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa agar dapat mengikuti perkembangan kewirausahaan di era teknologi dan informatika. Dorongan ini penting karena wirausaha menjadi profil lulusan yang perlu dikembangkan.

Workshop pada 17 Februari 2024 ini dihadiri oleh Taufik Nuryanto dari Departemen Kajian Potensi Start Up dan E-commerce HIPMI serta diikuti oleh mahasiswa dan dosen PGMI dan PIAUD serta beberapa pihak lainnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan minat dan motivasi berwirausaha bagi mahasiswa di era bisnis online yang berkembang pesat.

Taufik Nuryanto menjelaskan bahwa bisnis online adalah aktivitas jual-beli yang dilakukan melalui internet, dengan banyak platform yang dapat dimanfaatkan seperti website, media sosial, dan marketplace. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Kelebihan bisnis online antara lain fleksibilitas, biaya operasional yang rendah, dan akses pasar yang luas.

Strategi untuk sukses berbisnis online di marketplace termasuk membuat toko yang menarik, deskripsi produk yang jelas, variasi pilihan pengiriman, harga yang menarik, promosi secara rutin, pelayanan pelanggan yang baik, dan memanfaatkan fitur-fitur marketplace. Penting juga untuk tanggap terhadap umpan balik pelanggan dan melakukan evaluasi terhadap bisnis yang dijalankan.

Taufik juga menyarankan mahasiswa untuk memanfaatkan berbagai cara seperti menjadi reseller, memanfaatkan dropship, atau menggunakan modal yang minim untuk memulai bisnis online. Workshop ini berlangsung antara pukul 09.00 hingga 11.30 dengan antusiasme peserta yang tinggi dalam bertanya dan berbagi pengalaman tentang berwirausaha.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *