Prodi PIAUD dan PGMI Tingkatkan Wawasan Pemanfaatan Teknologi melalui kegiatan KKL di Labschool UNNES Semarang

ada Kamis, 11 Januari 2024, merupakan hari yang sangat berkesan bagi Program Studi PGMI dan PIAUD di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung. Pada tanggal tersebut, kedua program studi tersebut melaksanakan Kunjungan Lapangan di Labschool UNNES Semarang dengan tema “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran”.

 

Kunjungan Lapangan (KKL) merupakan bagian dari mata kuliah wajib yang bukan bersifat teori dengan bobot 2 SKS. Pelaksanaannya dirancang sebagai kunjungan atau studi banding ke lembaga formal atau non-formal yang telah disesuaikan dengan profil lulusan dari program studi tersebut. Konsep KKL tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu berbasis riset. Setiap kelompok bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) telah memilih tema yang sesuai dengan keahlian dosen namun tetap berada dalam kerangka tema besar KKL, yaitu teknologi pembelajaran. Subjek yang akan diamati juga sudah ditetapkan oleh Ketua Program Studi dan disetujui oleh pihak SD dan TK Labschool UNNES.

 

Persiapan perjalanan menuju Labschool UNNES dimulai pada pukul 05.00 WIB dan keberangkatan dilakukan pukul 08.30. Setibanya di lokasi, peserta diarahkan menuju aula SD Labschool UNNES untuk kegiatan istirahat sejenak dan dilanjutkan dengan observasi pembelajaran. Observasi dilakukan sesuai dengan kelompok dan DPL masing-masing. Selama kegiatan observasi, setiap kelompok bersama DPL mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas, mengamati, mendokumentasikan, dan mengakhiri dengan wawancara. Mahasiswa dan dosen PGMI melakukan observasi di SD Labschool, sementara mahasiswa dan dosen PIAUD di TK Labschool UNNES.

 

Data yang diperoleh dari observasi dan wawancara akan diolah dan dikembangkan menjadi laporan artikel jurnal. Artikel jurnal ini merupakan hasil dari kegiatan KKL tahun ini, sehingga peserta KKL diwajibkan untuk mengumpulkan data selain mempelajari pengelolaan dan teori.

 

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan upacara, sambutan dari perwakilan Labschool UNNES, dan sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan izin yang diberikan oleh Labschool UNNES kepada peserta KKL INISNU Temanggung. Beliau menjelaskan bahwa selain menjalin kerjasama, KKL juga bertujuan untuk pengembangan kompetensi pedagogi mahasiswa. Konsep KKL berbasis riset ini merupakan hal yang berbeda dan dalam kerjasama tersebut melibatkan guru kelas sebagai penulis pada artikel yang akan disusun. Hasil kegiatan ini juga akan menjadi informasi dan wawasan baru bagi kedua program studi tersebut, yang sama-sama bertanggung jawab untuk mengelola Labschool Elpist.

 

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen kerjasama antara PGMI dan PIAUD INISNU dengan Labschool UNNES, serta penyerahan kenang-kenangan dan pengambilan foto bersama. Sesi terakhir diisi dengan diskusi bersama pendamping masing-masing, berkaitan dengan tema riset, manajemen Labschool, perkembangan Labschool, dan topik lainnya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INISNU Temanggung, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Kaprodi PGMI, Kaprodi PIAUD, Dosen PGMI dan PIAUD, Kepala MI Elpist, Kepala TK dan PAUD Elpist, serta beberapa guru PAUD dan TK Elpist.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *