Al-Munir dan PaudQu Gelar Outing Class bersama Mahasiswa PIAUD Dan PGMI INISNU Temanggung

Tepat tanggal 14 Juni 2022 lalu, Mahasiswa PIAUD INISNU Temanggung bersama dengan mahasiswa PGMI INISNU Temanggung melakukan kolaborasi kegiatan Outing Class dengan yayasan fullday school Al-Munir Pangkat, Mangunrejo, Tegalrejo Magelang. Kegiatan tersebut bertema “Its Time To.. Outbond And Play Together”.

Kegiatan yang dilakukan di Kompleks Ponpes Surya Buana Balak, Losari, Pakis , Magelang tersebut mendapat antusiasme penuh dari siswa maupun guru pendamping yang mendampingi kegiatan tersebut.

Sebanyak 187 siswa PAUDQU, RAM NU, serta kelas 1 dan 2 MI Yakti Mangunrejo mengikuti kegiatan bersama dengan 15 mahasiswa Program Pendidikan PIAUD INISNU Temanggung dengan berbagai kegiatan permainan yang menyenangkan. Berbagai permainan tersebut dibagi menjadi 5 pos yang dijaga oleh masing-masing ppos terdiri dari 3 orang. Untuk menambah daya tarik siswa yang mengikuti kegiatan tersebut, para mahasiswa menggunakan nama hewan untuk menentukan nama pos mulai dari pos 1 hingga pos 5. Hewan yang digunakan untuk menentukan pos tersebut dintaranya adalah hewan kucing, gajah, kelinci, sapi, dan ayam.

Bukan hanya itu, mahasiswa PIAUD juga mengenakan topeng kelinci untuk menghibur para siswa yang akan bermain itu. permainan yang dibuat pun bukan permainan yang membuat anak jenuh dan bosan. Namun permainan yang dibuat adalah permainan yang menyenangkan diantaranya adalah permainan estafet kata yang dapat melatih konsentrasi dan daya ingat. Permainan selanjutnya adala water bottle yang dapat melatih solidaritas anak, konsentrasi, dan motorik kasar anak. Kemudian permainan Estafet Karet yang dapat melatih kerjasama antar tim. Lalu permainan selanjutnya Joget Balon yang dapat melatih kerjasama antar anggota. Permainan yang terakhir yaitu Estafet tepung yang dapat melatih kerjasama antar tim.

Bukan hanya permainan  outbond tetapi anak juga melakukan kegiatan upacara sebelum dan sesudah permainan dilakukan. Pada penutupan acara mahasiswa prodi PIAUD memberikan kenang-kenangan untuk 187 siswa PAUDQU, RAM NU, serta kelas 1 dan 2 MI Yakti Mangunrejo yang mengikuti kegiatan tersebut. Bukan hanya itu Prodi PIAUD dan  Prodi PGMI juga bekerjasama memberikan cinderamata untuk Yayasan Al-Munir, pemberian Cinderamata tersebut diberikan secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung kepada Kepala Sekolah MI Yakti Mangunrejo, Tegalrejo, Magelang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *